Thursday, April 4, 2019

8 Tips Memulai Bisnis Jasa Freelancer Dengan Modal Kecil



Pedoman bisnis saat ini dipengaruhi banyak hal. Perhitungan modal memang kerap menjadi elemen penting yang akan mempengaruhi bisnis Anda. Namun ada beberapa pilihan bisnis yang membutuhkan modal kecil tetapi bisa menghasilkan keuntungan yang lebih baik. Biasanya bisnis ini bergerak dalam bidang jasa.

Salah satu bidang bisnis itu adalah jasa freelancer. Saat ini ada banyak bisnis freelancer yang bisa Anda coba dan lakukan hanya dalam waktu yang relatif singkat. Bahkan pangsa pasar juga disesuaikan dengan target yang Anda inginkan. Hal ini akan berkaitan langsung dengan kualitas yang Anda tawarkan. Namun, Anda juga tetap bisa mempertimbangkan beberapa tips untuk memulai bisnis jasa freelancer.

8 Tips Bisnis Jasa Freelancer yang Bisa Dicoba
Ada beberapa hal penting yang harus Anda pertimbangkan untuk memulai bisnis jasa seperti ini. Biasanya target klien yang Anda inginkan juga disesuaikan dengan layanan yang diberikan. Semakin baik layanan yang Anda tawarkan tentu saja akan memberikan pengaruh terhadap jumlah klien. Selain itu Anda juga harus menentukan bidang jasa yang sesuai dengan kemampuan. Pola seperti ini memang memberikan pengaruh dalam skema penawaran jasa.

Berikut ini ada beberapa tips mudah untuk memulai bisnis jasa freelancer yang bisa Anda pertimbangkan, seperti:
1. Menentukan Bidang Jasa Sesuai Kemampuan
Ini adalah tips memulai bisnis jasa freelancer yang harus diperhitungkan dengan sangat baik. Saat ini ada banyak bidang jasa yang bisa Anda pertimbangkan. Beberapa diantaranya memang berkaitan langsung dengan industri digital.

Untuk menentukan pilihan jasa yang ideal harus sesuai dengan kemampuan Anda. Misalnya saja bila Anda memiliki kemampuan menulis yang baik atau membuat konten yang berkualitas mungkin bisa menawarkan jasa content writing. Hal ini juga bisa diterapkan dengan menawarkan jasa desain grafis bila Anda menguasai banyak software untuk desain. Semakin banyak kemampuan yang Anda miliki tentu saja akan semakin mudah untuk menawarkan jasa kepada banyak klien.

2. Menghitung Modal yang Dibutuhkan
Selanjutnya Anda harus menghitung seluruh modal yang akan digunakan untuk memulai bisnis ini. Apalagi masing-masing dari pilihan bisnis yang akan dijalankan juga akan membutuhkan modal yang berbeda.

Misalnya saja bila Anda menawarkan jasa content writing tentu saja akan menggunakan modal yang tidak terlalu banyak. Namun bila Anda menawarkan jasa untuk fotografi freelance biasanya akan membutuhkan perhitungan modal tambahan lainnya.

Modal itu biasanya digunakan untuk membeli atau menyewa perlengkapan. Sebaiknya gunakan sebagian modal itu untuk menjalankan bisnis dengan tidak terlalu berlebihan.

Hal ini biasanya dilakukan untuk menghindari mindset yang salah dalam menjalankan bisnis freelance. Selain itu, pertimbangkan juga strategi penawaran jasa yang membutuhkan biaya tambahan.

3. Membuat Portofolio
Tips lain untuk memulai bisnis jasa freelancer adalah dengan membuat portofolio dari karya yang pernah dibuat. Cara seperti ini dilakukan untuk meyakinkan banyak orang tentang kualitas dari jasa yang Anda tawarkan. Masing-masing dari bidang jasa itu juga memiliki pengaruh yang besar terhadap keputusan dari banyak klien.

Selain itu, metode ini dianggap sangat memudahkan banyak orang untuk memberikan penilaian terhadap hasil yang dibutuhkan oleh para klien. Semakin baik kualitas yang Anda tampilkan pada portofolio itu tentu saja akan memudahkan proses penawaran bisnis. Hal lain yang perlu diperhitungkan tentu saja dengan dukungan dari media yang Anda gunakan. Cobalah gunakan media sosial untuk menampilkan seluruh karya yang telah pernah dibuat.

4. Aktif di Berbagai Forum Online
Cara yang paling ideal untuk menawarkan jasa freelancer adalah dengan aktif di berbagai forum online. Apalagi saat ini ada banyak forum yang akan memudahkan Anda untuk belajar sambil menawarkan jasa yang dimiliki.

Anda bisa melihat seluruh pengalaman dari freelancer senior yang berada di bidang jasa sama. Selain itu, banyak juga anggota forum online yang sering menawarkan limpahan penawaran job bagi anggota lain.

Kondisi seperti ini memberikan peluang yang sangat besar bagi Anda untuk memaksimalkan pendapatan yang diinginkan. Namun, Anda harus ingat bahwa forum ini biasanya memiliki ketentuan atau tradisi yang harus ditaati oleh banyak anggota lainnya.

5. Belajar Dari Para Senior yang Berpengalaman
Menjadi freelancer memang membutuhkan jaringan relasi dan perubahan mindset yang sesuai dengan tren. Hal ini yang membuat Anda harus terus belajar untuk mengasah kemampuan dalam bidang jasa di freelancer ini.

Selain itu, kebutuhan beberapa bidang industri terus berubah sesuai dengan keinginan pasar. Kondisi ini membuat Anda harus belajar dari para senior untuk mengantisipasi perubahan permintaan produk tertentu. Misalnya saja bila Anda menawarkan jasa content writing tentu saja akan disesuaikan dengan perubahan yang terjadi pada algoritma Google.

Biasanya banyak para senior di forum online yang menawarkan informasi penting berkaitan dengan seluruh detail dari perubahan seperti ini. Pembelajaran ini juga akan membantu Anda untuk mendapatkan klien dalam jumlah banyak.

6. Memulai Dengan Harga Terjangkau
Cobalah tawarkan harga jasa freelancer Anda dengan harga yang lebih terjangkau. Cara seperti ini memang sering dilakukan bagi banyak orang yang masih memulai bisnis yang dijalankan itu. Namun, penawaran harga yang relatif terjangkau juga harus diikuti dengan kualitas hasil yang lebih baik.

Biasanya hal ini akan menarik perhatian dari banyak pengguna jasa. Bahkan Anda juga bisa mendapatkan kemudahan untuk mendapatkan jumlah klien yang lebih banyak. Bila Anda sudah memiliki kemampuan dalam manajemen penawaran yang baik mungkin bisa menggunakan tarif normal. Hal ini juga akan disesuaikan dengan kemampuan Anda dalam memberikan pelayanan kepada para pengguna jasa freelance.

7. Memberikan Pelayanan Terbaik
Kualitas pelayanan yang Anda berikan kepada banyak klien akan menjadi penilaian penting. Biasanya pelayanan ini akan diberikan sebelum penawaran pekerjaan saat proyek itu dikerjakan hingga setelah seluruh pekerjaan selesai dilakukan. Anda bisa memulainya dengan memberikan penawaran pekerjaan dan harga yang sesuai dengan ekspektasi.

Setelah Anda mendapatkan kepercayaan untuk melakukan seluruh proyek, sebaiknya lakukan dengan kualitas yang sangat maksimal. Cara seperti ini juga akan berkaitan dengan waktu pengerjaan yang ditawarkan kepada para calon klien.

Setelah itu, tawarkan juga layanan setelah seluruh pekerjaan selesai. Biasanya beberapa klien juga membutuhkan revisi terhadap kualitas dari pelayanan yang dibutuhkan.

8. Menawarkan Garansi Revisi Project
Hal yang paling penting dalam penawaran project untuk freelance adalah garansi revisi. Beberapa klien akan membutuhkan layanan ini untuk mendapatkan pembaruan atau perbaikan terhadap seluruh bagian dari project yang telah dikerjakan. Selain itu, cara seperti ini juga ditawarkan kepada Anda untuk mendapatkan penilaian yang sangat baik dari Anda sendiri.

Cobalah tawarkan perbaikan pada bagian tertentu dengan pembatasan skema waktu tertentu. Semakin baik garansi perbaikan yang Anda berikan tentu saja akan memberikan kepuasan kepada klien.

No comments:

Post a Comment